Uji Praktek Kompetensi Bagian UN

Uji Praktek Kompetensi Bagian UN

\"\"BENGKULU, BE - Mengikuti uji kompetensi bagi siswa SMK merupakan kewajiban. Karena uji kompetensi kejuruan ini bagian dari Ujian Nasional. Hasil dari ujian ini menjadi tolak ukur kopentensi siswa setelah menempuh pendidikan di SMK. \"Pengalaman tahun lalu, uji kompetensi ini dilakukan pada Bulan Februari mendatang, dan merupakan bagian dari UN,\" jelas Kabid Perencanaan Dispendik Kota Bengkulu, Drs. Tahirin Simbang.

Berdasarkan tahun sebelumnya, uji kompetensi terbagi menjadi 2 bagian,yaitu teori dan praktek. Seperti yang telah diketahui, uji kompetensi teori dilakukan bersamaan dengan UN. Sedangkan prakteknya dilakukan sebulan sebelum UN dilaksanakan.

\"Durasi waktu pelaksanaan ujian praktek ini antara 18 hingga 24 jam, sesuai dengan karakteristik program keahlian. Dalam kegiatan tersebut, penyelenggara ditingkat satuan pendidikan melakukan kerjasama dengan Dunia Usaha Dan industri (DUDI), yang merupakan pasangan dalam pelaksanaan ujian praktek kejuruan,\'\' katanya. Selain itu, sekolah dapat melaksanakan ujian praktek kejuruan di SMK yang memenuhi persyaratan dan kelayakan maupun di DUDI pasangannya. Sekolah pun juga menggunakan ketiga paket soal yang tersedia atau dapat memilih dinata ketiga paket soal praktek kejuruan sesuai dengan kecocokan materi pembelajaran, ketersediaan peralatan dan bahan praktik kejuruan.  Tak hanya itu saja, sekolah juga harus menerapkan bahan peralatan dan alat penunjang praktek tersebut. Sekolah pun diperkenankan memberikan soal praktek kejuruan kepada peserta uji sebelum pelaksanaan ujian.

Ditambahkannya, penilaian ujian praktek kejuruan dengan menggunakan format penilaian yang tersedia. Penguji melakukan penilaian sesuai dengan karakteristik program keahlian berdasarkan produk yang dihasilkan oleh peserta. Selain itu, pengujian juga memberikan bobot dan skor untuk setiap komponen. Pengumuman hasil penilian dilakukan setelah sekolah mengirimkan ke Dispendik Provinsi, yang kemudian dikirimkan ke Puspendik bersama-sama dengan hasil pemindaian Lembar Jawaban UN 4 mata pelajaran lainnya. (128)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: